Books

Jaga Buku Kesayangan Biar Tidak Menguning, Ini Dia Tipsnya..

Bagi kalian yang memang hobi membaca buku, apalagi hingga mengkoleksi buku pastinya pernah menemukan kendala kertas pada buku menguning. Hal ini sering kali terjadi pada buku lama terlebih jika kualitas dari kertas buku tersebut memang tidak terlalu bagus. Jika terus seperti bukan tidak mungkin buku akan menjadi cepat usang bahkan rusak. Untuk itu kamu harus pintar-pintar tau cara merawat buku dengan baik dan benar.

Seiring berjalannya waktu, buku-buku yang ada pada rak buku pastinya akan berdebu jika lama tidak di sentuh. Oleh karena itu sesekali perlu merawat buku dan membersihkannya agar tidak menjadi benda yang usang. Berikut ini adalah tips merawat buku yang sederhana dan simple:

Jauhi Sinar Matahari

Baiknya menyimpan buku tidak langsung terkena sinar matahari, sebab hal itu dapat menyebabkan sinar UV dari matahari merusak sampul pada buku dan halaman-halaman pada tiap lembar kertasnya. kemudian lama kelamaan akan menguning. dengan menyimpan buku pada suhu yang pas adalah cara merawat buku yang paling mudah.

Posisi pada rak buku juga menjadi penentu, karena jika ruangan tempat penyimpanan buku memiliki ruang cahaya yang cukup besar maka atur agar sinar matahari tidak langsung menyinari buku-buku yang ada di ruangan tersebut secara langsung.

Sampul Rapi Buku

Buku yang disampul akan lebih terlihat bersih dan aman. Pilihlah sampul pelastik dengan kualitas yang baik, misalnya dari segi ketebalan. Buku yang di sampul juga akan terlihat bersih dan rapi, serta terhindar dari tangan yang kotor saat sedang memegang buku.

Selain itu buku yang tersambul dengan rapi juga mudah untuk di bersihkan dari debu yang menempel. terlebih lagi jika di simpan pada rak buku. Kamu hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan kain lap atau kemoceng anti debu. Membersihakan buku seperti ini adalah cara merawat buku yang paling mudah.

Susun Buku Dengan Posisi Berdiri

Cara merawat buku selanjutnya adalah menyusun buku pada rak buku dengan posisi berdiri. Hal ini di lakukan agar buku tidak mudah rusak, buku yang di susun secara berdiri tidak akan merusak sampul buku satu dengan lainnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan pembatas rak buku untuk penyanggah buku di bagian pinggir.

Jika ingin mengkombinasikan posisi buku yang berdiri dan di tumpuk, ada baiknya buku yang tipis atau sejenis dengan booklet bisa di lakukan dengan cara di tumpuk. Namun jika buku dengan ketebalan halaman yang cukup banyak, sebaiknya memang di susun dengan posisi berdiri.

Beri Kamper pada Rak Buku

Setelah menyusun rapi buku pada raknya, jangan lupa juga untuk memberikan kamper atau bisa juga dengan menggunakan bubuk cengkeh pada sisi rak buku untuk menghindari rayap. Jenis binatang ini memang senang pada benda dengan elemen kayu. Jika rak buku kamu adalah rak kayu maka baiknya memberikan beberapa pada sudut dekat buku.

Tujuan lainnya juga bisa membuat buku agar tidak bau apek karena lembab akibat ruangan tersebut. Dan perlu di ketahui juga, untuk bisa melindungi kertas-kertas pada buku agar tidak mudah menguning. Cara merawat buku seperti ini cukup sederhana bukan?

Jangan Lakukan ini:

  • Melipat halaman pada buku; gunakan pembatas buku atau kertas kecil agar buku tetap pada lembaran yang lurus dan buku jadi terawat.
  • Menekuk buku; sebagian dari kalian pastinya pernah menekuk buku, hal itu akan membuat buku jadi mudah rusak, terlebih pada cover buku.
  • Mencorat-coret buku; jika ingin membuat note kecil tentang materi pada buku, baiknya menggunakan sticky notes dan tempel pada bagian materi yang di bahas.

Agar buku selalu terjaga kualiatasnya, bila perlu gunakan temperatur udara atau AC pada ruangan kamu menyimpan buku, agar suhu ruangan tersebut tidak terlalu lembab dan juga tidak terlalu kering. Cara merawat buku ini semoga bisa menjadi solusi bagi para bibliophile yang memang hobi mengoleksi dan membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: