kuliner-khas-bali-sate-lilit
Food

10 Kuliner Khas Bali yang Menggugah Selera

Setiap kota dan daerah pastinya memiliki kuliner khas masing-masing tak terkecuali dengan Bali yang terkenal dengan pariwisata dan budaya yang melimpah. Terdapat beberapa kuliner khas Bali yang cukup populer dan menjadi icon dari kota Bali. Maka tak heran jika Bali terkenal sebagai kota pariwisata dengan kekayaan alam yang indah dan budaya hingga kuliner yang selalu menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke kota ini.

Tak hanya menarik perhatian wisatawan asal tanah air, Bali kerap kali selalu menjadi destinasi wisata untuk para wisatawan mancanegara dari belahan dunia manapun. Terbukti dengan banyaknya kuliner khas Bali yang banyak orang cari terlebih para pecinta kuliner. Berikut ini adalah macam-macam makanan khas Bali yang bisa menggugah selera makanmu;

  • Nasi Jinggo


Mungkin bagi beberapa orang sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Nasi Jinggo merupakan nasi yang di bungkus dengan daun pisang yang berisikan beraneka lauk mulai dari telur rebus atau goreng, ayam suwir atau daging sapi bumbu kecap, mie goreng, ikan teri kacang dan tak ketinggalan pelengkap sambal.

Nasi ini tak berbeda dengan nasi kucing yang biasa di kenal banyak orang. Dengan harga yang cukup murah Nasi Jinggo menjadi menu makanan yang cocok di makan hampir setiap waktu. Tak heran jika menu makanan ini sering kali di jadikan menu andalan saat sedang mengadakan acara.

  • Sate Lilit

Kuliner khas Bali yang kedua adalah Sate Lilit. Siapa yang tak tau bahwa makanan yang satu ini sudah sangat terkenal bahkan sekarang sudah banyak di temukan di berbagai tempat tak hanya di Bali saja. Makanan yang satu ini sudah menjadi kuliner yang biasa di sajikan di berbagai restaurant dan telah menjadi menu sehari-hari bagi beberapa orang.

Sate lilit terbuat dari daging ayam halus dengan campuran kelapa parut yang di satukan pada batang sereh maupun batang bambu. Rasanya yang khas dan beraroma rempah-rempah asli Indonesia menjadikan makanan ini juga digemari oleh para wisatawan mancanegara yang suka berwisata kuliner nusantara.

Sate lilit di Bali mudah di temukan, bahkan di rumah makan sederhana dan pasar tradisional para traveler bisa menemukan makanan ini dengan mudah dimanapun. Tak selalu di sajikan dengan daging ayam, sate lilit juga ada yang terbuat dari ikan tenggiri maupun daging sapi sesuai dengan selera. Bagi yang non muslim juga ada yang terbuat dari daging babi.

  • Nasi Campur Ayam

Ke kota Bali memang kurang afdol kalau tidak mencoba makanan yang satu ini, Nasi Campur Ayam khas Bali. Kuliner yang satu ini jadi juara bagi sebagian orang yang traveling ke Pulau Dewata.

Berbagai macam lauk tersaji dalam sekali makan. Nasi Campur Ayam ini berisikan nasi putih, ayam suwir, telur rebus dengan bumbu balado, tempe orek, sayur kacang panjang, hingga udang dan cumi dengan bumbu khas bali dan tak ketinggalan sambal pedas yang semakin membuat rasa nasi campur ayam jadi lebih nikmat.

Untuk menikmati nasi campur ayam ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena makanan ini hanya berkisar 10 ribu hingga 25 ribu sesuai dengan lauk yang di hidangkan. Karena nasi campur ayam ini termasuk kuliner merakyat dan bisa di temukan bahkan di pasar tradisional maka tak heran menu ini hampir ada di semua restaurant yang ada di kota Bali.

  • Serombotan Klungkung

A post shared by Oka Yudhi Prayoga (@okayudhi) on

Serombotan merupakan makanan khas Bali yang berisikan sayuran kangkung, kacang panjang, dan tauge yang di rebus dan di siram dengan sambal kacang atau sambal cabai pedas. Memang sekilas tak berbeda dengan makanan khas Jakarta Gado-gado yang juga di siram dengan sambal kacang, namun ada yang berbeda dari Serombotan khas Bali ini, yaitu adanya sambal kelapa bakar dan bumbu koples yang membuat makanan ini bercitarasa unik.

Kuliner khas bali yang satu ini bisa di katakan makanan yang sehat dan merupakan menu sehari-hari untuk di santap. Selain bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini sangat mudah di temukan harga untuk makanan inipun sangat merakyat, yaitu hanya berkisar 5 ribu sampai 10 ribu saja.

  • Ayam atau Bebek Betutu

A post shared by Bali Eatery (@bali_eatery) on

Siapa yang tak mengenali makanan yang satu ini, Ayam Betutu yang sangat populer sebagai kuliner khas Bali dengan citarasa rempah-rempah asli Indonesia membuat makanan ini jadi yang terlezat dari semua makanan khas bali yang ada. Penyajian yang tak biasa ini menjadi ciri khas dari kuliner ini, baik untuk daging ayam ataupun bebek di sajikan dalam bentuk utuh satu ekor dengan di lumuri bumbu betutu khas Bali.

Untuk rasa dari makanan yang satu ini sudah tidak di ragukan lagi, rasanya yang lezat menjadikan kuliner ini di gemari siapa saja bahkan sudah banyak di temukan tak hanya di kota Bali saja.

Varian dari makanan ini terdiri dari beberapa resep yaitu, ayam betutu yang di masak hingga kering, ada juga yang di masak dengan bumbu basah hingga berkuah pedas khas dari bumbu Bali yang memiliki citarasa pedas.

  • Rujak Bulung

Mungkin bagi sebagian orang sangat asing dengan nama makanan ini, Rujak Bulung. Makanan ini merupakan olahan rumput laut yang di campurkan dengan parutan kelapa muda, kacang tanah, yang di siram dengan kuah pindang asam pedas khas Bali.

Kuliner ini berbeda dengan rujak pada umumnya, karena resep ini asli dari masyarakat Bali yang di kombinasikan dengan terasi kencur dan cabai rawit pedas. Kuah segar dari pindang akan membuat selara makanmu menjadi lebih semangat karena rasa pedas yang di hasilkan dari cabai rawit merah. Untuk seporsi rujak bulung ini berkisar mulai dari 15 ribu saja.

  • Tipat Cantok

A post shared by Urs💖Nic (@ursandnic) on

Tipat Cantok merupakan makanan khas Bali yang mirip dengan Gado-gado. Banyak orang menyebutkan Tipat Cantok merupakan Gado-gado versi dari Bali. Karena berbahan dasar sayuran yang di siram dengan sambal kacang maka makanan inipun mejadi favorit untuk di nikmati kapan saja bahkan mejadi pengganti makanan utama nasi sebagai cemilan berat.

Penyajian dari makanan ini juga di tambah dengan lontong dan tahu goreng untuk semakin membuat lezat kuliner khas bali yang satu ini juga di lengkapi dengan jeruk nipis agar semakin menggugah selera makan.

Untuk bisa menikmati Tipat Cantok hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu sampai 7 ribu rupiah saja. Selain ramah bagi kantong makanan ini sangat cocok untuk semua kalangan.

  • Blayag Singaraja 

Makanan khas bali selanjutnya ada Blayag. Kuliner yang satu ini merupakan makanan dengan citarasa yang gurih. Blayag berisikan ketupat, kacang kedelai, kelapa parut, ayam suwir, sayuran, kacang tanah, ceker ayam dan sambal terasi.

Blayang berasal dari Kabupaten Buleleng Bali, yang merupakan menu makanan utama pada sebuah acara besar yang di selenggarakan di Buleleng. Untuk ketupat yang di gunakan dalam penyajian di Blayag adalah beras putih namun ada juga yang menggunakan beras hitam yang mengandung banyak gizi, antioksidan dan kadar gula pada ketupat itu lebih sedikit di banding dengan ketupat putih.

Untuk bisa menikmati kuliner ini tidak perlu khawatir akan menguras kantong, karena Blayag ini hanya berkisar mulai dari 10 ribu rupiah saja.

  • Lawar Kuwir

Lawar Kuwir adalah salah satu kuliner Bali yang memiliki citarasa unik. Makanan ini berbahan dasar sayuran kacang panjang, kelapa parut yang di bumbui dengan rempah-rempah khas Bali. Kuliner ini biasa di nikmati dengan lauk pendamping daging bebek mentok dan juga sate lilit dan sup batang pisang.

Lawar kuwir jadi makanan yang patut di coba jika traveling ke Pulau Dewata karena makanan ini cukup sulit di temui dan termasuk jajanan khas asli Bali. Bagi para traveler muslim makanan ini adalah makanan halal, jadi tidak perlu khawatir sulit mencari kuliner yang aman jika jalan-jalan ke kota Bali.

  • Sambal Gerang Bongkot

Bagi para pecinta makanan pedas, pastinya makanan yang satu ini sudah tak asing lagi. Apalagi kalau di jadikan list kuliner khas Bali yang wajib di coba. Sambal Gerang atau yang biasa di kenal dengan nama Sambal Bongkot merupakan sambal khas Bali yang berbahan dasar bawang merah, cabai rawit, terasi bakar, yang di tumis dengan minyak kelapa dan di campurkan dengan bunga kecombrang dan perasan jeruk nipis.

Sambal ini berbeda dari kebanyakan sambal yang ada, maka dari itu sambal ini cukup menarik perhatian terlebih rasa bunga kecombrang yang memiliki citarasa khas.

Untuk pecinta kuliner pastinya list dari makanan khas Bali ini sudah tak asing lagi atau bahkan pernah mencicipi kuliner khas Bali yang punya rasa khas rempah Bali yang tak biasa. Namun bagi yang masih belum pernah mencicipi, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *