Lifestyle

Tips Mudah Mendekorasi Kamar Unik dan Minimalis

Kamar merupakan ruangan dalam rumah yang menjadi tempat utama, yang bisa di katakan tempatnya melakukan segala aktifitas daripada ruangan lainnya. Seperti tidur, belajar, dan bekerja, dan bagi beberapa orang kamar bisa menjadi tempat berkumpul dengan sahabat meski hanya untuk sekedar bercerita.

Namun tak sedikit yang hanya memfungsikan kamar hanya untuk ruang tidur saja, selebihnya menggunakan ruangan lain dalam rumah mereka. Beberapa orang pastinya merasa bingung bagaimana menata kamar mereka sedemikian rupa agar tidak terlalu sempit namun segala keperluannya tetap masuk dalam satu ruangan.

Kamar yang kecil bisa dijadikan layaknya kamar berukuran besar, namun itu semua tergantung dari penempatan barang dan perabotan yang ada di dalamnya. Lalu bagaimana cara dekorasi kamar unik dengan ukuran yang minimalis tetapi dengan rasa maksimal?

Tata barang dan prabotan dengan rapi

dekorasi kamar unik
Pixabay

Untuk dekorasi kamar unik, menata barang dan perabotan dalam kamar menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan menata barang-barang dengan baik, ruangan dalam kamar akan lebih terlihat rapi dan pastinya banyak space yang dapat di manfaatkan untuk melakukan kegiatan lainnya. Seperti penempatan ranjang, lemari pakaian, meja belajar hingga meja rias dan kaca perlu dipehatikan jika ingin kamar terlihat lebih luas.

Tak hanya itu saja ada aturan tersendiri untuk menata barang-barang dan prabotan dalam kamar agar kamar terlihat lebih luas meski dengan ukuran yang minimalis.

Ada baiknya jika barang dan perabotan di sesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik kamar. Seperti pemilihan ranjang untuk single atau double, ukuran lemari pakaian hingga meja belajar dan meja rias.

Penempatan untuk kamar orangtua dan kamar anak biasanya ada perbedaan, karena kamar anak memerlukan space yang berbeda dari kamar orangtua. Seperti adanya meja belajar yang mecakup tempat kommputer, rak buku hingga bangku dan meja belajar.

Meski untuk kamar anak biasanya memilih ranjang single namun jika kamar anak di gabungkan dengan anak lainnya pastinya memerlukan ruang yang lebih besar lagi. Untuk itu membuat dekorasi kamar unik dan nyaman lebih di utamakan.

Manfaatkan barang yang sudah tak terpakai

Photo (c) Pexels

Ada banyak hal yang bisa di manfaatkan dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini menuntut kamu untuk bisa kreatif dengan membuat sesuatu yang bisa di gunakan meski terbuat dari barang bekas yang sudah tak terpakai lagi.

Contohnya seperti pajangan dalam kamar; seperti lukisan ataupun atau bahkan kursi dan meja. Tak hanya itu saja, barang-barang lainnya  juga bisa di manfaatkan sebagai dekorasi furniture yang minimalis, sehingga sesuai dengan ukuran ruangan kamar.

Untuk menghiasi dekorasi kamar menjadi unik dan menarik, bisa juga dengan menggunakan barang-barang buatan sendiri. Seperti pajangan miniatur, foto-foto yang di pajang di dinding atau gambar buatan sendiri yang di kemas secara rapi.

Dengan memodifikasi barang-barang tersebut menjadi barang baru yang lebih fresh dapat menghemat pengeluaran untuk membeli barang-barang baru demi mendesain dekorasi kamar unik. Selain itu juga bisa mengurangi limbah anorganik yang sulit terurai dalam waktu singkat.

Gunakan furniture minimalis

Penggunaan furniture yang akan di letakkan di dalam kamar juga harus di perhatikan, meski terdengan sepele namun jika tidak mengetahui space hingga perkiraan yang tepat untuk kamar maka akan memperburuk keadaan dalam kamar dengan meletakkan furniture yang tidak sesuai. Seperti;

  • Pilih wallpaper dinding yang sesuai tema kamar, terlebih untuk kamar anak yang biasanya di sesuaikan dengan jenis kelamin anak, karakter anak hingga hal yang di sukai anak dapat di terapkan pada kamar mereka dengan memilih wallpaper dinding yang tepat.
  • Jika sudah menentukan konsep dan tema seperti apa, maka penggunaan barang-barang dan furniture lainnya juga harus di sesuaikan. Seperti untuk kamar utama biasanya memiliki desain yang simple, namun elegan tetapi harus mencakup semua kebutuhan penghuni kamar nantinya. Sama halnya untuk kamar anak, memilih ranjang tempat tidur hingga meja belajar.

Jika hal-hal ini di terapkan, maka memiliki kamar yang nyaman dan sesuai dengan keinginan adalah hal yang  mudah.

%d bloggers like this: