perawatan ac rumah
Lifestyle

Tips Mudah Merawat AC Rumah Agar Hemat Energi

AC merupakan barang elektronik yang kini menjadi kebutuhan bagi bebeapa orang, tak heran karena cuaca di Indonesia sendiri hanya memiliki dua musim saja yaitu musim panas dan musim hujan.

Pada saat musim panas pastinya suhu panas di Indonesia dan beberapa kota besar lainnya berkisar antara 29 derajat celcius sampai 34 derajat celcius, untuk itu ac yang bekerja sebagai pendingin ruangan sangat diperlukan agar sirkulasi udara di suatu tempat menjadi lebih baik.

Namun tahukah, jika perawatan ac rumah cukup penting untuk dilakukan agar ac tidak muda rusak meski digunakan ssetiap aat. Akan tetapi tidak semua orang sadar akan perawatan ac agar ac tetap dengan kualitas yang tetap terjaga dan tahan lama.

Karena penggunaan ac ini pastinya digunakan setiap hari untuk menemani kegiatan yang dilakukan sehari-hari seperti ruang kerja, kamar tidur hingga ruang keluarga untu anak-anak. Berikut ini adalah tips merawat ac rumah agar hemat energy:

Atur Suhu AC dengan Tepat

Perawatan ac rumah yang pertama adalah dengan cara tidak merubah suhu pada ac terus menerus atau dalam jangka waktu yang cukup sering. Meski terdengar sepele, namun hal ini juga dapat mengakibatkan ac menjadi tidak dingin sehingga menurunkan kualitas ac yang kemudian membuat ac cepat rusak. Sebisa mungkin untuk mengatur suhu pada ac tidak lebih besar dari 22 detajat celcius dan tidak lebih kecil dari 16 derajat celcius.

Membersihkan Filter Udara pada AC

Filter udara merupakan bagian yang sangat penting pada ac. Jika filter pada ac ini terdapat hambatan maka bukan tidak mungkin akan menuntut ac untuk bekerja lebih keras dari biasanya untuk menghasilkan udara yang dingin. Hal ini bisa juga membuat ac jadi mudah rusak dan penyebab ac tidak dingin. Membersihkan filter udara pada ac ini juga termasuk salah satu perawatan ac agar kualitas udara dingin pada ac tetap terjaga dan dapat menghemat listrik yang di keluarkan untuk ac.

Gunakan AC di Ruangan Tertutup

Menggunakan ac akan lebih baik jika ruangan tertutup dengan rapat, sebab hal ini sangat mempengaruhi kualitas dinginnya ac di ruangan tersebut. Jika ruangan terbuka atau bahkan melebihi kapasitas dan tidak sesuai dengan kebutuhan ac, maka akan membuat ac bekerja lebih untuk menghasilkan udara yang stabil. Jika terus seperti ini kinerja pada ac akan menurun karena tidak sesuai kapasitas yang normal, sebaiknya hindari hal seperti ini.

Jangan Lupa Untuk Service AC Secara Berkala

Perawatan ac rumah yang selanjutnya adalah menservice ac secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga performa ac agar lebih baik, stabil dan tahan lama. Jika ac selalu dalam kondisi yang baik, maka akan menghemat listrik untuk tegangan watt pada ac.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: