Sibuk Kerja Tapi Mau Tetap Kuliah? Blended Learning Solusinya! - Gadis Senja
Lifestyle

Sibuk Kerja Tapi Mau Tetap Kuliah? Blended Learning Solusinya!

Blended Learning mungkin menjadi satu istilah baru bagi sebagian orang, namun prinsip dasar dari jenis pembelajaran yang satu ini sebenarnya sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia umumnya. Kuliah blended learning sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai jenis kuliah yang menggunakan metode pembelajaran campuran, baik dalam cara menyampaikan pengajaran, model pembelajaran, maupun gaya pembelajaran yang digunakan.

Bagi masyarakat yang berstatus sebagai karyawan tentu sangat sulit untuk menyesuaikan waktu jika ingin kembali mengenyam bangku perkuliahan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, solusi terbaik untuk menanggulanginya yakni dengan mengambil kuliah menggunakan sistem blended learning. Sebagai informasi awal, berikut ini ada beberapa keunggulan dalam metode kuliah yang satu ini:

Waktu Kuliah yang Fleksibel

Bagi Anda yang sudah sibuk bekerja pada hari-hari biasa, tentunya sangat sulit jika harus mencari-cari waktu luang untuk kuliah di hari-hari tersebut. Sistem kuliah konvensional yang mewajibkan mahasiswanya datang pada jam-jam tertentu akan sangat memberatkan bagi mereka yang tengah berstatus sebagai karyawan, ditambah dengan beban pekerjaan yang setiap harinya selalu menumpuk menambah beban semakin berat saja.

Berbeda halnya jika mengambil kuliah kelas karyawan dengan sistem blended learning, tentunya beban seperti ini akan sedikit berkurang. Pasalnya dalam sistem kuliah ini mahasiswa tidak diwajibkan datang ke kelas yang dipilihnya berdasarkan pada jam-jam tertentu yang telah disediakan, tetapi tetap bisa menyimak pelajaran yang dilangsungkan dengan sistem online.

Materi yang dipelajari pun bisa diunduh dalam dashboard yang disediakan baik dalam bentuk modul maupun video penjelasan dari dosen, jadi mahasiswa bisa datang ke kampus pada akhir pekan saat libur bekerja. Sangat fleksibel bukan?

Mudahnya Mengakses Materi Pelajaran

Seperti yang telah disinggung di atas, kuliah blended learning sangat memudahkan mahasiswa untuk dapat kembali mengakses materi yang telah disampaikan oleh dosen. Sesuai dengan namanya, metode pengajaran campuran ini juga menyediakan materi ataupun modul pelajaran berbasis online yang telah disediakan dalam dashboard khusus.

Jadi jika ada mahasiswa yang ingin kembali mempelajari materi yang sudah lalu, tinggal melakukan kembali pengunduhan materi yang telah tersimpan dalam dashboard tersebut. Menariknya lagi, materi yang tersedia dalam dashboard bukan hanya berbentuk modul saja namun juga berisi video penjelasan yang disampaikan oleh dosen bersangkutan yang tentunya akan sangat memudahkan dalam memahami materi.

Mudah Dalam Penyampaian dan Penerimaan Pembelajaran

Dalam metode kuliah blended learning, penyampaian materi yang dilakukan oleh dosen tidak terbatas secara face to face saja. Dosen bisa menyampaikan materi baik secara offline maupun online sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan dengan mahasiswa, hal ini tentunya sangat memudahkan bagi karyawan yang notabene-nya tidak memiliki banyak waktu.

Meski karyawan dalam keadaan sibuk sekalipun, namun ia masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan materi pelajaran secara online dimanapun dia berada dan kapanpun waktu senggang yang dimilikinya. Selain itu, kegiatan live session  bersama dosen dan teman kelas bisa dilakukan dengan layanan conference call yang tentunya sangat memudahkan dalam proses pembelajaran.

Bisa Memilih Jadwal Kuliah

Program kuliah untuk kelas karyawan tentunya sangat berbeda dengan program kuliah untuk kelas konvensional, karenanya bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi tidak perlu ambil pusing untuk mencocokan waktu antara jadwal kerja dan kuliah.

Bagi mahasiswa berstatus karyawan yang lebih senang menggunakan metode face to face dalam metode kuliah blended learning ini, hal tersebut masih bisa dilakukan dengan menyesuaikan waktu kuliah dengan waktu senggang yang dimiliki sesuai kesepakatan.

Jadi sesibuk apapun karyawan dalam dunia kerjanya, waktu untuk pembelajaran bisa dilakukan sesuai dengan jadwal senggang yang dimilikinya. Terlebih karena kuliah sistem blended learning ini juga memanfaatkan sistem online, jadi mahasiswa bisa mengikuti materi pembelajaran kapanpun  asalkan ada kuota dan sinyal internet yang memadai.

Banyak Jurusan yang Bisa Dipilih

Meski berstatus baru, namun kuliah dengan metode blended learning ini juga menawarkan banyak jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak program unggulan yang ditawarkan melalui metode ini, seperti Digital Marketing, Data Science, Programming, Hospitality, Language, Logistic, Finance, dan masih banyak lagi program kuliah yang bisa di cek di pintaria.com. Selain banyak jurusan menggiurkan yang bisa dipilih, sudah ada banyak universitas yang juga menawarkan program kuliah dengan metode blended learning ini loh.

Jenis kuliah blended learning tentunya menawarkan beragam kemudahan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa harus mengorbankan karir yang telah dibangunnya terlebih dahulu, selain fleksibel dalam masalah waktu belajar namun materi pembelajaran yang diberikan juga sangat mumpuni.

Bagi Anda yang tertarik dengan metode blended learning, ada banyak universitas keren yang juga menawarkan sistem kuliah yang satu ini seperti Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Labora School of Management (STM Labora), Universitas Sahid (USAHID), dan masih banyak lagi universitas lainnya yang bisa Anda cek di Pintaria.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: