Tips & Trik

Jangan Lakukan ini Agar AC Tidak Mudah Rusak

Air Conditioner atau yang biasa disebut dengan AC merupakan alat elektronik yang kini mulai menjadi kebutuhan dalam hidup, mengingat lingkungan dan udara yang semakin tidak sehat dan panas membuat tubuh kita menjadi selalu berkeringat karena merasa ‘gerah’. Belum lagi di tambah akibat hawa panas akan membuat tubuh menadi cepat berkeringat. Disinilah peranan AC menjadi penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan AC yang berkala bahkan selalu digunakan dan tidak pernah absen ini menjadikan beberapa orang menggunakan AC untuk membasmi kuman yang menempel pada tubuh dengan membuat ruangan selalu terasa sejuk sehingga dapat mematikan bakteri yang menempel pada tubuh. Jika penggunaan pada AC ini sering digunakan maka harusnya perawatan AC rumah juga dilakukan secara berkala.

Seringkali AC dirumah tidak menyala atau bahkan tidak terlalu dingin saat digunakan. Namun tahukah kalau beberapa hal ini mungkin bisa jadi pemicu AC menjadi cepat rusak dan menjadi boros listrik;

1. Kompresor pada AC

Banyak orang yang tak menyadari bahwa kompresor pada AC adalah komponen paling penting yang mempengaruhi kinerja AC. Komponen pada AC ini berfungsi untuk menghisap gas Freon pada AC yang mengubah hawa panas menjadi hawa dingin.

Untuk itu jika terjadi sesuatu pada kompresor AC maka akan dipastikan hawa dingin pada ac tidak akan maksimal. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan dan merawat AC, agar AC dapat bekerja dengan maksimal, terlebih pada perawatan ac rumah yang harus di lakukan secara berkala.

2. Gunakan AC Sesuai Skala Ruangan

Penggunaan AC yang cukup sering pastinya akan mempengaruhi kualitas nanti dari waktu ke waktu, namun bukan berarti Anda harus menghemat tidak menggunakan AC akan tetapi menggunakan AC secara cermat. Bagaimana caranya?

Ada baiknya menggunakan AC yang sesuai dengan kapasitas pada ruangan sehingga AC mampu menghasilkan suhu dingin yang baik, sesuai dan tidak mudah rusak karena salah dalam pengaturan suhu. Usahakan jangan mengatur suhu ruangan tidak lebih dari 22 derajat celcius, karena akan mengakibatkan AC bekerja lebih keras pada kompresor AC untuk selalu menghasilkan hawa dingin.

3. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Ukuran listrik pada setiap AC pastinya memiliki kapasitas watt yang berbeda-beda, untuk itu pastikan bahwa listrik di rumah sudah cukup untuk memasang ac dengan kapasitas yang ada pada AC tersebut. Jika tidak maka akan dapat mengakibatkan kelebihan daya listrik yang akan membuat tegangan listrik pada rumah menjadi tidak stabil.

Jika keadaan terus berlanjut maka bukan tidak mungkin mengakibatkan AC menjadi tidak dingin bahkan cepat rusak. Untuk itu  sesuaikan kapasitas listrik jika ingin AC awet tahan lama, cara ini juga termasuk perawatan AC rumah yang paling dasar.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat AC menjadi cepat rusak. Diperlukan perawatan AC rumah secara berkala agar AC pada rumah menjadi tahan lama dengan kualitas yang tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *